Latar Belakang: Dismenore merupakan salah satu keluhan menstruasi yang sering dialami remaja perempuan. Walaupun lazim terjadi, kondisi ini kerap dianggap biasa dan tidak ditangani dengan serius, padahal dapat berdampak pada aktivitas dan kualitas hidup. Edukasi kesehatan dapat berperan dalam meningkatkan pemahaman serta membentuk perilaku sehat dalam mengatasi nyeri haid.Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pra-eksperimen one group pretest-posttest. Sebanyak 67 remaja putri dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon.Hasil: Terdapat peningkatan skor perilaku setelah pemberian edukasi kesehatan. Rata-rata skor pretest adalah 12,66 dan meningkat menjadi 18,03 pada posttest. Hasil analisis menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,000).Kesimpulan: Pendidikan kesehatan memiliki dampak signifikan terhadap perubahan perilaku remaja dalam mengelola nyeri menstruasi (dismenore).
Copyrights © 2025