Penelitian ini mengkaji strategi manajemen sumber daya pendidik dengan fokus pada praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi dalam pendidikan. Pokok masalah yang diangkat adalah bagaimana manajemen sumber daya pendidik dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tengah tantangan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi praktik terbaik dalam manajemen sumber daya pendidik serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pelatihan berkelanjutan dan pengembangan karir pendidik sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi mereka. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pendidikan dan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat juga diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam pengembangan sumber daya pendidik. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa manajemen sumber daya pendidik yang efektif memerlukan pendekatan holistik dan kolaboratif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025