Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kemampuan literasi matematis siswa yaitu jati diri atau kepribadian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa berkepribadian introvert dan siswa berkepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan program linear. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kemudian setelah diberikan angket tipe kepribadian diambil 5 siswa dengan tipe ekstrovert dan 5 siswa dengan kepribadian introvert. Pemilihan subjek dilakukan dengan memberikan angket tipe kepribadian dengan bertujuan untuk mengelompokan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Metode pengumpulan data menggunakan angket tipe kepribadian,tes kemampuan literasi matematika dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepribadian introvert mendapatkan hasil literasi matematis lebih baik dibandingkan tipe kepribadian ekstrovert.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025