Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mulai dari siklus I pertemuan I mencapai persentase 32% dan pertemuan II mencapai 54%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi pada pertemuan 1 mencapai 74% sedangkan pada pertemuan II keaktifan belajar siswa mencapai 90%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pra siklus yaitu 29% yang tuntas, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 41% yang tuntas, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 84% yang tuntas. Maka, berdasarkan hasil penelitian ini diketahui Penerapan Model Kooperatif tipe Think Talk Write dengan strategi Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025