PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2025): EDISI APRIL 2025

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Nurfadilah, Amaliyah (Unknown)
Nurjamil, Dedi (Unknown)
Mulyani, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Sampelnya terdiri dari peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan literasi matematis. Analisis data yang digunakan terdiri dari statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 24 untuk menganalisis data N-Gain kemampuan literasi matematis. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...