AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 8 No 2 (2025): Mei

Mengatasi Slow Learner Siswa Tunagrahita SLB Karya Bhakti Surabaya Melalui Aplikasi Special Edu

Fatiin, Idhoofiyatul (Unknown)
Kurniawati, Tri (Unknown)
Sekarningrum, Ardiyani (Unknown)
Retno Kustianingrum, Ajeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan pendampingan kepada guru SLB Karya Bhakti Surabaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran yang tepat dengan metode pembelajaran PAIKEM. Serta, membuat aplikasi Spesical edu yang dapat memudahkan siswa dalam membaca, menulis, dan berhitung yang terintegrasi dengan Augmented Reality untuk mengatasi slow learner. Metode pelaksanaan terdiri dari 5 tahap yaitu tahap persiapan, tahap implementasi, tahap monitoring dan evaluasi, tahap penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan dan tahap keberlanjutan program. Hasil yang ditemukan dalam penerapan aplikasi special edu adalah peningkatan perhatian dan fokus siswa, pemahaman konsep yang lebih baik dan peningkatan interaksi sosial siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 90% mitra merasa sangat puas dan puas terhadap relevansi program. Untuk kualitas penyampaian materi, tingkat pemahaman mitra mencapai 85%. Selain itu, 88% mitra puas dengan kinerja tim di lapangan, dan sebanyak 80% mitra optimis bahwa program ini akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Axiologiya

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aksiologiya merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian. Artikel merupakan hasil dari IbM, IbW, IbPE, IbIKK, atau pengabdian lainnya yang berasal dari non ...