Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 8 No. 1 (2025): Juni 2025

PERAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN

Siahaan, Perida Roma Asi (Unknown)
Gultom, Mitha Rani Octavia Br (Unknown)
Siagian, Sonya Valentina (Unknown)
Junaidi, Nurhikmah Sasna (Unknown)
Barus, Depitaria Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Urgensi studi kasus ini ialah guna menyelidiki bagaimana Model Pembelajaran Cooperative Learning membantu siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan mereka. Kemampuan pemahaman teks tertulis yang rendah merupakan hambatan utama bagi kesuksesan siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia. Pengamatan di kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta pencatatan hasil belajar merupakan bagian dari proses pengumpulan data dalam studi kualitatif deskriptif ini. Siswa berpartisipasi dalam percakapan kelompok kecil, bergantian memerankan peran, serta membaca secara bergiliran sebagai kelas guna menerapkan pendekatan Copperative Learning. Berdasarkan temuan, metode ini berhasil meningkatkan minat siswa dalam belajar, memperdalam pemahaman mereka terhadap materi, serta mendorong interaksi positif antar teman sekelas. Temuan ujian pemahaman membaca juga meningkat, serta motivasi siswa guna belajar pun bertambah. Dengan demikian, peningkatan pemahaman membaca siswa dalam kelas bahasa Indonesia melalui penerapan model Cooperative Learning telah terbukti berhasil dan bermanfaat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...