Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media pembelajaran Powtoon lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di UPTD SMA Negeri 1 Campalagian pada tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian kelas XII IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelompok kontrol, dengan total populasi sebanyak 157 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelompok eksperimen sebesar 26,84, sedangkan kelompok kontrol sebesar 24,13. Pada hasil posttest, kelompok eksperimen memperoleh rata-rata 73,03, sementara kelompok kontrol sebesar 62,13. Hasil analisis inferensial menggunakan uji Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,0015 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima, yang berarti kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media Powtoon lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
Copyrights © 2025