Mandalika Mathematics and Educations Journal
Vol 7 No 2 (2025): Edisi Juni

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Negeri 1 Campalagian

Talib, Wahyuni (Unknown)
Amin, Nursafitri (Unknown)
Arifin, Sartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan media pembelajaran Powtoon lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di UPTD SMA Negeri 1 Campalagian pada tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian kelas XII IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelompok kontrol, dengan total populasi sebanyak 157 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelompok eksperimen sebesar 26,84, sedangkan kelompok kontrol sebesar 24,13. Pada hasil posttest, kelompok eksperimen memperoleh rata-rata 73,03, sementara kelompok kontrol sebesar 62,13. Hasil analisis inferensial menggunakan uji Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,0015 < 0,05 sehingga  ditolak dan  diterima, yang berarti kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media Powtoon lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MANDALIKA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Mandalika Mathematics and Education Journal adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun kajian ...