Dari hasil tracer study alumni UNM didapatkan informasi bahwa terdapat beberapa alumni mengalami kesulitan dalam memasuki dunia kerja secara cepat karena keterbatasan pada aspek non-akademik seperti keterampilan interpersonal, komunikasi, manajemen waktu, kepedulian sosial, dan kemampuan bekerja dalam tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peningkatan kompetensi soft skills mahasiswa melalui keterlibatan dalam Proyek Kemanusiaan. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar kontekstual melalui keterlibatan langsung mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa, yang diharapkan dapat memperkuat kemampuan non-akademik mereka, seperti kepedulian sosial, komunikasi, manajemen waktu, bekerja di bawah tekanan, toleransi, dan kemampuan bekerjasama lintas latar belakang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest terhadap 117 mahasiswa yang menjadi peserta Proyek Kemanusiaan. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengukuran 30 indikator kompetensi soft skills yang diisi sebelum dan sesudah kegiatan. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji beda berpasangan (paired sample t-test) setelah asumsi normalitas terpenuhi berdasarkan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada seluruh indikator kompetensi soft skills setelah mahasiswa mengikuti Proyek Kemanusiaan. Rata-rata skor kompetensi meningkat dari 111,10 menjadi 125,85, dengan nilai t sebesar -11,74 dan nilai signifikansi p < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam pengalaman berbasis proyek nyata berdampak positif terhadap penguatan kompetensi non-akademik yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa Proyek Kemanusiaan merupakan sarana efektif dalam mengembangkan kompetensi soft skills mahasiswa secara holistik. Kegiatan semacam ini dapat dijadikan model pembelajaran alternatif yang mendukung kesiapan karir lulusan, khususnya dalam menghadapi tantangan kerja yang kompleks dan berbasis kolaborasi lintas disiplin dan budaya.
Copyrights © 2025