Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 5, No. 1, April 2025

Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar

Ramadhani, Fatimah Nurul (Unknown)
Huda, Miftakhul (Unknown)
Fitriyya, Munaaya (Unknown)
Handayani, Trisakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Program ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program kampus mengajar 8 dalam mendukung peningkatan literasi siswa di SD Negeri 1 Kragilan. Penelitian ini menggunkana pendekatan kualitatif dengan metode desktiptif. Program Kampus Mengajar 8 dilaksanakan dengan rentang waktu 9 september-27 Desember 2024 yang bertepatan di sekolah penugasan, SD Negeri 1 Kragilan Kabupaten Sukoharjo.  Objek pada penelitian ini adalah program kerja kampus mengajar 8 khususnya pada bidang literasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik, dan guru di SD Negeri 1 Kragilan. Data dalam penelitian ini berupa program kerja yang disusun oleh mahasiswa khususnya dalam bidang literasi untuk meningkatkan minat literasi peserta didik. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara secara lagsung di sekolah penugasan. Validasi data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori triangulasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang didapatkan dari implementasi program kerja bidang literasi di SD N 1 Kragilan yaitu adanya peningkatan kemampuan literasi peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...