Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 5, No. 1, April 2025

Paradigma Pendidikan Seni Gotong Royong melalui Program Kampus Mengajar bagi Siswa Sekolah Dasar

Ni Kadek Intan Cahyani Artayasa (Unknown)
Karja, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia masih kurang, terutama setelah adanya wabah pandemi covid-19 yang membuat siswa tidak bisa maksimal dalam belajar sehingga mengalami kemunduran terhadap kemampuan literasi dan numerasinya. Dengan permasalahan tersebut dicetuskan program kampus mengajar sebagai kontribusi semua pihak dari pemerintah pusat, daerah, dan sekolah dalam pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia secara gotong royong. Salah satu sekolah sasaran, yaitu SDN 1 Aan yang berada di Kabupaten Klungkung, Bali yang siswanya memiliki tingkat assesmen rendah. Penelitian ini menggunakan metode tindakan, yakni melakukan pembelajaran pendidikan seni, baik secara langsung melalui pelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP) dan secara tidak langsung melalui mata ajar umum tetapi menghubungkan aktivitas seni dengan materi dengan pendekatan arts in education (AiE). Dalam hal ini penulis mencari data secara kualitatif mengenai kondisi sekolah dan peserta didik pada saat program kampus mengajar dilaksanakan. Hasil penelitian ini adalah guru di SDN 1 Aan dapat berkolaborasi bersama mahasiswa kampus mengajar melalui beberapa program dalam upaya peningkatan literasi dan numerasi siswa dengan memasukkan pendidikan seni di dalamnya. Dengan pembelajaran berpendekatan seni (arts in education) dapat memberi keseimbangan antara kognitif dan emosi peserta didik di SDN 1 Aan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...