Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur efektivitas dari penerapan media animasi pada pembelajaran matematika di SD. Selain itu penelitian ini mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam penerapan media animasi. Metode yang digunakan ialah studi literatur, dengan menganalisis sumber-sumber seperti buku dan jurnal dalam lima tahun terakhir (2020-2025). Prosedur studi literatur dilakukan melalui empat tahap, yaitu: (a) penelusuran literatur menggunakan database seperti Google Scholar dan Garuda; (b) seleksi artikel berdasarkan kriteria relevansi, tahun terbit, dan aksesibilitas penuh teks; (c) analisis isi untuk mengidentifikasi pola temuan utama terkait efektivitas media animasi; dan (d) sintesis hasil untuk menarik kesimpulan dan rekomendasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media animasi dapat membantu memahami materi, meningkatkan hasil belajar dan rasa antusias. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan bagi guru serta pengembangan media animasi yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025