Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2025)

Pengaruh Pengelolaan Beban Kognitif Terhadap Peningkatan Kecakapan Matematis Siswa

Permana, Muhamad Jeni (Unknown)
Hendrayana, Aan (Unknown)
Fathurrohman, Maman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang disesuaikan dengan prinsip Cognitive Load Theory terhadap peningkatan pemahaman konseptual dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Studi ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Kota Serang pada tahun ajaran 2024/2025 dengan melibatkan dua kelompok sampel, pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan salah satu metode probability sampling, yaitu simple random sampling, yakni kelas VII I sebagai kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran PBL konvensional, serta kelas VII G sebagai kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran PBL berbasis pengelolaan beban kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (mix-method) dengan desain Quasi Experimental, di mana metode kuantitatif berperan sebagai pendekatan utama dan metode kualitatif sebagai pelengkap. pengumpulan data kuantitatif melalui instrument tes dengan pengumpulan data kualitatif melalui wawancara. Fokus kajian terbatas pada dua indikator kompetensi matematis, yaitu pemahaman konseptual dan kompetensi strategis, yang mencakup kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan capaian yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dalam kedua aspek tersebut. Selain itu, pendekatan pembelajaran PBL yang mempertimbangkan beban kognitif terbukti efektif dalam meratakan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal yang bervariasi, baik rendah, sedang, maupun tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses ...