QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia
Vol 4, No 1 (2025): June 2025

Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik

Nurfelida, Abelia (Unknown)
Indriawati, Meivi Azzahra (Unknown)
Febryani, Nazwa (Unknown)
Azimah, Nurul (Unknown)
Susana, Susana (Unknown)
Mustika, Dea (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan pendekatan terpadu yang berusaha mengaitkan berbagai muatan pelajaran dalam satu tema agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang utuh. Namun, dalam pelaksanaannya di lapangan, terdapat sejumlah hambatan seperti keterbatasan pemahaman guru, kesulitan dalam menyusun perangkat ajar, kurangnya sumber belajar, pengelolaan kelas, dan beban administrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami berbagai kesulitan dalam menerapkan pembelajaran tematik secara optimal. Upaya yang dilakukan antara lain melalui pelatihan mandiri, kerja sama antarguru, serta adaptasi terhadap kondisi siswa dan lingkungan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi perumusan kebijakan pendidikan dasar dan peningkatan kompetensi profesional guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qistina

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia is a journal that publishes Focus & Scope research articles, which include: 1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. ...