Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri 1 Hamparan Perak, serta mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam menjaga kekompakan kelompok dan strategi dalam menjaga komunikasi antaranggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi terhadap 12 informan yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota OSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OSIS memiliki peran strategis dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa melalui kegiatan organisasi seperti rapat, diskusi, dan pelaksanaan program kerja. Para pemimpin OSIS memahami peran mereka sebagai fasilitator yang mendorong partisipasi aktif anggota. Namun, dinamika internal seperti perbedaan pendapat dan komunikasi yang kurang efektif menjadi tantangan utama dalam menjaga stabilitas organisasi. Strategi yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut meliputi komunikasi terbuka, diskusi bersama, serta pengambilan keputusan yang adil dan partisipatif. Penelitian ini menegaskan bahwa OSIS bukan hanya wadah pengembangan kepemimpinan, tetapi juga media pembelajaran karakter yang penting bagi siswa.
Copyrights © 2025