Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Pandanwangi IV, Kota Malang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada 17 Oktober 2024. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, satu pembina Pramuka, dan tiga wali kelas. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, serta validitas diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka belum optimal. Sekolah telah menyediakan program, sarana prasarana, dan dukungan dana BOS, serta mendapat dukungan orang tua. Namun, pelaksanaan masih terkendala ketidaksesuaian program dengan rencana, rendahnya disiplin siswa, dan kekurangan pembina. Diperlukan perbaikan pelaksanaan dan manajemen agar tujuan pembinaan karakter melalui Pramuka tercapai secara maksimal.
Copyrights © 2025