Lambatnya regenerasi dan kapasitas petani yang kurang memadai merupakan permasalahan dan tantangan dalam pembangunan pertanian. Adanya program YESS diharapkan menjadi salah satu solusi dalam regenerasi dan peningkatan kapasitas petani, dengan melakukan upaya terstruktur untuk menarik minat, menfasilitasi, membina dan mendampingi generasi muda untuk terjun ke bidang pertanian. Tujuan penelitian untuk menganalisis Komunikasi Bisnis antara pendamping dan pengusaha muda peternakan dalam program YESS di Jawa Barat. Desain penelitian survei bersifat mix methods. Populasi dalam penelitian ini adalah Pendamping Program YESS bidang peternakan di Jawa Barat Tahun 2022. Sampel pendamping diambil secara purposive dari pendamping yang menangani Bidang Peternakan pada Tahun 2022 sejumlah 31 orang di kabupaten Tasikmalaya dan Sukabumi pada Program YESS. Hasil penelitian yaitu: 1) Informasi yang dibutuhkan oleh pengusaha muda diantaranya adalah budidaya, pemasaran dan administrasi. 2) tiga penggunaan media informasi terbesar yaitu WhatsApp, pertemuan, dan Handphone. 3) Hambatan komunikasi yaitu penyediaan media komunikasi, jaringan internet, pembuatan proposal dan laporan serta kecepatan memberikan feedback. 4) Dukungan yang diberikan oleh pendamping sudah cukup memadai. 5) Komunikasi yang terjalin cukup memadai. Keterbatasan penelitian ini adalah kajian hanya dilakukan di Jawa Barat, sehingga tidak bisa mengeneralisasikan hasil temuan dan penelitian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025