IQRO: Journal of Islamic Education
Vol. 8 No. 1 (2025): VOL 8 N0 1 2025

Pedagogi Luqman Hakim (QS. Luqman 12-19) dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Pacarpeluk

Hajar, Salwa (Unknown)
Musyarofah, Umirul (Unknown)
Charomaini, Ainussofi Barkatul (Unknown)
Shodiq, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi terkait pedagogi Luqman Hakim (QS. Luqman 12-19) dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Pacarpeluk. Nilai-nilai pendidikan Luqman Hakim yang diangkat meliputi Aqidah, syari’ah, dan akhlak yang bersumber dari nasehat Luqman Hakim dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi lapangan melalui pengumpulan data berupa observasi dan wawancara pada proses pembelajaran dan kegiatan di SD Negeri Pacarpeluk. Implementasi nilai-nilai QS. Luqman Ayat 12-19 dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Pacarpeluk dilakukan dengan memberikan nasehat dan tauladan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ini mendukung dalam pembentukan karakter religius, disiplin, dan sikap sopan santun pada siswa, sekaligus relevan dengan kebutuhan pendidikan Islam di era modern. Kontribusi positif pendidikan Luqman Hakim diwujudkan melalui proses pembelajaran dengan pemberian pemahaman terkait niali-nilai QS. Luqman ayat 12-19 yang kemudian dijadikan suatu pembiasan dalam kegiatan di sekolah. Penelitian ini merekomendasikan penguatan integrasi antara pendidik dan orangtua dalam pembentukan karakter siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...