Pendidikan karakter sudah masuk ke dalam kurikulum dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, masih ada satuan pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter, tidak melakukan evaluasi implementasi pendidikan karakter itu sendiri. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian penting dalam sebuah program. Maka dari itu, dilakukannya evaluasi pada pendidikan karakter di satuan pendidikan sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada 1 orang Kepala Sekolah dan 6 orang guru di TK Pelita Insan Madani, observasi non-partisipatif dan dokumentasi. Evaluasi yang dilakukan terhadap implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani dilakukan dengan model evaluasi CIPP. Evaluasi melalui beberapa tahap yaitu evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi konteks mencakup profil sekolah dan analisis kebutuhan, evaluasi input mencakup strategi dan perencanaan, evaluasi proses mencakup berbagai kegiatan pembelajaran, dan evaluasi produk mencakup nilai-nilai karakter yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara context, input, process dan product implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani berada pada kategori cukup baik.
Copyrights © 2025