Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 4 (2025)

Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di TK Pelita Insan Madani Kota Serang dengan Model CIPP

Megandarisari, Megandarisari (Unknown)
Ali, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Pendidikan karakter sudah masuk ke dalam kurikulum dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, masih ada satuan pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter, tidak melakukan evaluasi implementasi pendidikan karakter itu sendiri. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian penting dalam sebuah program. Maka dari itu, dilakukannya evaluasi pada pendidikan karakter di satuan pendidikan sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada 1 orang Kepala Sekolah dan 6 orang guru di TK Pelita Insan Madani, observasi non-partisipatif dan dokumentasi. Evaluasi yang dilakukan terhadap implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani dilakukan dengan model evaluasi CIPP. Evaluasi melalui beberapa tahap yaitu evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi konteks mencakup profil sekolah dan analisis kebutuhan, evaluasi input mencakup strategi dan perencanaan, evaluasi proses mencakup berbagai kegiatan pembelajaran, dan evaluasi produk mencakup nilai-nilai karakter yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara context, input, process dan product implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani berada pada kategori cukup baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...