Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kinestetik anak dalam melakukan gerakan yang terkoordinasi, seimbang, gesit, dan fleksibel dalam aktivitas yang dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kinestetik anak melalui tarian seka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK YPPK Bintang kecil berjumlah 18 anak, 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan aspek penelitian koordinasi, keseimbangan, kelincahan, dan kelenturan untuk melihat kemampuan kinestetik anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari seka suku Kamoro efektif dalam meningkatkan kemampuan kinestetik anak kelompok B TK YPPK Bintang kecil. Sebagaimana hasil penelitian pada siklus I, anak yang berkembang sangat baik dan sesuai harapan sebanyak 8 anak, sedangkan pada siklus II, sebanyak 18 anak yang memperoleh nilai berkembang sangat baik dan sesuai harapan.
Copyrights © 2025