Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 5 (2025): in Progress

Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun

Maufiroh, Ulfi (Unknown)
Kuswandi, Dedi (Unknown)
Samawi, Ahmad (Unknown)
Arifin, Imron (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5–6 tahun. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (literature review) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menelaah sejumlah jurnal dan sumber ilmiah terkait implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pendidikan anak usia dini. Fokus utama kajian ini adalah pada pendekatan konten, proses, dan produk pembelajaran yang disesuaikan dengan kesiapan, minat, dan gaya belajar anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendorong anak untuk bereksplorasi secara kreatif, serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar. Selain itu, strategi ini juga memperkuat peran guru sebagai fasilitator dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Kendati demikian, tantangan dalam penerapannya masih ditemui, seperti keterbatasan pengetahuan guru dan akses sumber belajar. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi menjadi pendekatan penting dalam mendukung perkembangan optimal kreativitas anak usia dini, terutama di era Kurikulum Merdeka yang menekankan kebebasan belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...