Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 5 (2025): in Progress

Analisis Kebutuhan E-Modul Diferensiasi untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian pada Siswa Sekolah Dasar (Fase C)

Susanti, Susi (Unknown)
Karlimah, Karlimah (Unknown)
Hidayat, Syarip (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh heterogenitas karakteristik belajar peserta didik fase C dan adanya kesulitan dalam mempelajari operasi hitung dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan e-modul berbasis diferensiasi dalam pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian untuk siswa kelas 5 dan 6 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dengan melakukan kajian komprehensif terhadap artikel/jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber-sumber lain yang relevan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis konten yang berkaitan dengan karakteristik siswa, tantangan pembelajaran, prinsip diferensiasi, potensi e-modul, dan kebutuhan integrasi. Novelty penelitian terletak pada spesifikasi kebutuhan e-modul berdiferensiasi untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa Fase C, yang belum banyak dieksplorasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan yang signifikan terhadap e-modul yang dirancang dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip diferensiasi untuk mengakomodasi keragaman gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat peserta didik. E-modul berbasis diferensiasi diharapkan dapat mengatasi kesulitan tersebut melalui penyajian konten, proses, dan produk pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menyatakan pengembangan e-modul berbasis diferensiasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran operasi hitung matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...