Jurnal Pustaka AI : Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence
Vol 5 No 1 (2025): Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence)

Sistem Monitoring dan Pengelolaan Data Keluhan Pelanggan Berbasis Web pada PT. PLN (Persero) ULP Bukittinggi

Tria Siska, Sri (Unknown)
Rizki Marsa, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sistem pelayanan pelanggan. PT PLN (Persero) sebagai penyedia layanan listrik utama di Indonesia menghadapi tantangan dalam menangani keluhan pelanggan secara efisien dan akurat. Pengelolaan keluhan yang masih dilakukan secara manual sering kali menghambat respons cepat dan dapat memengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pemantauan dan pengelolaan data keluhan pelanggan berbasis web untuk PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan. Sistem ini dirancang untuk memungkinkan pengelolaan keluhan secara waktu nyata, meningkatkan efisiensi proses, serta menyediakan data yang akurat untuk analisis dan perbaikan layanan. Dengan penerapan sistem ini, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan serta memperkuat kepercayaan pelanggan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pustakaai

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Mathematics

Description

Jurnal Pustaka AI adalah sebuah jurnal Double blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil Penelitian yang berkualitas khusus bidang ilmu Teknologi Artificial Intelligence . Semua publikasi di Jurnal Pustaka AI bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas ...