Satwika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): SATWIKA: Volume 5, Number 1, June 2025

Pelatihan Integrasi Pendidikan Islam dan STEM Melalui Project-Based Learning dalam Menghadapi Perubahan Iklim di SMPN Satu Atap 01 Pulau Pari

Mushlihin, Mushlihin (Unknown)
Wajdi, Firdaus (Unknown)
Narulita, Sari (Unknown)
Laila Syawali Siregar, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Inisiatif integrasi Pendidikan Islam dengan pendidikan STEM di SMPN Satu Atap 01 Pulau Pari merupakan program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk membekali pendidik dengan alat dan pengetahuan agar dapat mengajarkan kepada siswa tentang kepedulian terhadap lingkungan melalui sudut pandang nilai-nilai Islam, serta menjawab tantangan perubahan iklim. Program ini melibatkan 28 peserta yang terdiri dari guru dan tenaga pendidik. Integrasi prinsip-prinsip Islam utama seperti khalifah (pengelolaan), adl (keadilan), dan mas'uliyyah (tanggung jawab sosial) ke dalam kurikulum STEM membentuk kerangka etika yang mendorong siswa untuk memahami konsep-konsep ilmiah secara bermakna. Strategi pembelajaran seperti project-based learning dan aktivitas kolaboratif memungkinkan para pendidik menangani isu-isu lingkungan nyata sambil mengacu pada latar belakang budaya dan agama mereka. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pertanyaan reflektif dan angket kepuasan. Hasil angket menunjukkan bahwa 88,6% peserta menilai materi relevan dengan kebutuhan peserta dan 95,5% menyatakan penyampaian materi sistematis, mudah dipahami, menarik, dan mudah diingat. Sementara, hasil refleksi peserta menunjukkan bahwa peserta dapat mengidentifikasi permasalahan dan mengembangkan solusi terkait permasalahan yang terjadi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

satwika

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Sebagai jurnal peer-review community engagement dan akademik layanan publik, Satwika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini membina dan berbagi sumbangsih akademis dalam rangka mengupas isu-isu dalam ilmu-ilmu sosial dan ...