Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh distress akademik terhadap sikap mahasiswa non-sains terhadap mata kuliah statistik, dengan academic help-seeking sebagai variabel mediasi. Studi ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat kecemasan dan tekanan yang dialami mahasiswa non-sains saat menghadapi mata kuliah statistik, yang sering kali dianggap sulit dan tidak relevan dengan bidang studi mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Sampel terdiri dari mahasiswa non-sains di beberapa perguruan tinggi, yang dipilih melalui teknik purposive sampling sedangkan Analisis data tersebut menggunakan Lisrel 8.50. Hasil analisis menunjukkan bahwa distress akademik berpengaruh negatif terhadap sikap mahasiswa terhadap statistik. Namun, academic help-seeking terbukti menjadi mediasi positif yang signifikan, memperlemah dampak negatif distress akademik terhadap sikap mereka. Temuan ini mengindikasikan pentingnya strategi bantuan akademik dalam mengurangi pengaruh negatif distress terhadap pembelajaran statistik, khususnya bagi mahasiswa non-sains.
Copyrights © 2025