Perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah mengubah cara mahasiswa belajar, dengan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, menyusun tugas, dan memahami materi. Namun, muncul kekhawatiran mengenai potensi ketergantungan terhadap AI dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan dan ketergantungan terhadap AI terhadap efisiensi belajar mahasiswa, serta menilai peran kemampuan berpikir kritis sebagai variabel intervening. Metode kuantitatif yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan LISREL. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan AI berdampak positif signifikan terhadap efisiensi belajar (t = 11.16) dan kemampuan berpikir kritis (t = 5.96), sementara ketergantungan terhadap AI berdampak negatif signifikan terhadap efisiensi belajar (t = 2.28) dan kemampuan berpikir kritis (t = 3.12). Selain itu, efisiensi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap tefisiensi belajar (t = 11.06), yang menandakan perannya sebagai variabel intervening yang kuat. Temuan ini menekankan pentingnya penggunaan AI secara reflektif dan kritis untuk mencapai hasil belajar yang optimal, tanpa mengorbankan kemampuan kognitif mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025