Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 13, No 1 (2025)

Analisis Self Efficacy Peserta Didik terhadap Pembelajaran Fisika

Rahmawati, Evi (Unknown)
Sari, Ika Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Self efficacy merupakan suatu keyakinan yang dimiliki setiap individu terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memotret self efficacy peserta didik kelas XII SMA dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan dalam pengumpulan data menggunakan teknik survei. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen non tes untuk mengukur dimensi pada self efficacy yaitu magnitude, generality, dan strength. Sebanyak 125 peserta didik di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Cianjur terlibat dalam proses pengambilan data ini. Berdasarkan hasil survei, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa self efficacy peserta didik pada pembelajaran fisika adalah sebesar 70,4% dalam kategori sedang, 15,2% dalam kategori tinggi, sedangkan sisanya dalam kategori rendah. Dari ketiga dimensi pada self efficacy, tingkatan dimensi paling rendah dicapai pada dimensi strength, yaitu sebesar 34,4%. Dengan demikian, dari data ini penelitian selanjutnya akan dititikberatkan pada peningkatan self efficacy, salah satunya pada dimensi stregth agar peserta didikĀ  lebih percaya diri dalam menyelesaikan berbagai tantangan dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...