Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIAD
Vol 3 (2024): Volume 3 Tahun 2024

Respon Siswa SMA terhadap Challenge Based Learning Berbasis Karakter

Har, Besse Harnanengsi (Unknown)
Syaharuddin, Syaharuddin (Unknown)
Jaya, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbasis karakter dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada siswa SMA kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap CBL berbasis karakter dalam matematika secara keseluruhan positif. Siswa menunjukkan antusiasme dan motivasi belajar yang tinggi saat mengikuti pembelajaran dengan model ini. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam hal kerjasama, komunikasi, dan karakter seperti tanggung jawab, disiplin, dan pantang menyerah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa CBL berbasis karakter merupakan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan respon dan hasil belajar matematika siswa. Model ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan karakter dan keterampilan abad ke-21 yang mereka perlukan untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan sukses.Kata kunci: Challenge Based Learning, karakter, respon siswa, matematika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENTIKJAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai terbit 1 kali setahun sejak 2022, diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Ahmad Dahlan. Prosiding ini merupakan media publikasi onlina hasil-hasil seminar nasional maupun internasional, ...