PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 4 No 2 (2024): PENDALAS

PENGEMBANGAN MODEL WARMING UP BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN

Nur Azizah Siregar (Unknown)
Naina Idma Siregar (Unknown)
Nurul Wardani Fadhilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep warming up atau pemanasan dalam konteks aktivitas olahraga, dengan fokus pada pengertian, tujuan, manfaat, dan bentuk pelaksanaannya. Penulisan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai pentingnya kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik atau olahraga, serta bagaimana strategi pemanasan yang tepat dapat meningkatkan performa dan mengurangi risiko cedera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka (literature review), yang merujuk pada berbagai sumber tertulis seperti buku, artikel ilmiah, dan dokumen relevan lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemanasan memiliki dampak signifikan terhadap kesiapan fisik dan mental, meningkatkan aliran darah, fleksibilitas otot, serta konsentrasi individu. Warming up yang dilakukan secara sistematis dan disesuaikan dengan jenis olahraga dapat memberikan hasil yang optimal bagi pelaku olahraga. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa warming up bukan sekadar rutinitas awal sebelum olahraga, melainkan bagian penting dalam strategi latihan yang mendukung performa atletik dan keselamatan fisik. Meskipun penelitian ini terbatas pada kajian pustaka, namun memberikan gambaran menyeluruh yang dapat dijadikan dasar bagi penelitian lanjutan secara empiris, dengan fokus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...