Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha
Vol. 6 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha

SOLIDARITAS TERUNA-TERUNI BANJAR KAJA, DESA ADAT SESETAN, DENPASAR SELATAN DALAM MENJAGA KELESTARIAN TRADISI OMED-OMEDAN, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Wedastri, Ni Luh Gede Mardewi (Unknown)
Mudana, I Wayan (Unknown)
Margi, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terjadinya solidaritas sosial di Seka Teruna-Teruni dalam menjaga Tradisi Omed-Omedan Banjar Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan (2) bentuk-bentuk Solidaritas Teruna-Teruni banjar Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan dalam menjaga pelaksanaan Tradisi Omed-Omedan, dan (3) potensi Tradisi Omed-Omedan yang dapat dijadikan sumber belajar untuk pembelajaran Sosiologi di SMA. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dalam terjadinya Solidaritas Sosial di Seka Teruna-Teruni Banjar Kaja dalam menjaga Tradisi Omed-Omedan terdapat beberapa faktor yang mendukung diantaranya : faktor kekerabatan, faktor budaya, dan faktor agama. Adapun bentuk-bentuk Solidaritas Teruna-Teruni banjar Kaja dengan kerjasama yang tinggi untuk tetap menjaga dan melestarikan Tradisi Omed-Omedan, kemudian gotong royong dengan rutin melaksanakan sangkep. Aspek-aspek yang terdapat dalam tradisi Omed-Omedan yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Sosisologi di SMA yaitu megacu pada Kurikulum Merdeka dengan capaian pembelajaran yaitu di fase F 11.1 terkait dengan Pembentukan Kelompok Sosial. Sehingga dapat di simpulkan bahwa dalam solidaritas sosial yang terdapat dalam STT Satya Dharma Kerti terkait menjaga tradisi Omed-Omedan memuat aspek-aspek yang berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA yang berkaitan dengan pembentukan kelompok sosial pada materi solidaritas sosial khususnya pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPSU

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi . Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan hasil pengabdian kepada masyarakat dibidang sosiologi yang secara khusus difokuskan ke tema-tema terkait ...