Penelitian ini berjudul "Implementasi Metode Talaqqi dan Tikrar untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an di SDIT Insan Kamil Kota Bima." Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penggunaan Metode Talaqqi dan Tikrar dalam meningkatkan kemampuan murid dalam menghafal Al-Qur’an. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada teori Milles dan Huberman serta Teori Modifikasi tahun 1992, yang meliputi: 1) Pengumpulan Data, 2) Penyajian Data, 3) Reduksi Data, dan 4) Verifikasi/Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi, yang mencakup interaksi langsung antara pengajar dan murid, serta metode tikrar yang menekankan pada pengulangan, terbukti sangat sukses dalam membantu siswa menghafal Al-Qur’an. Selain itu, dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar juga memainkan peran krusial dalam proses penghafalan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran menghafal Al-Qur’an di tingkat pendidikan dasar.
Copyrights © 2025