Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning (TGT) berbantuan media spinning wheel dan untuk Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning (TGT) berbantuan media spinning wheel untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan akan lebih banyak lagi wawasan yang didapat diadalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah MI Sunan Bonang Berani Wetan dan sekolah Miftahul Jannah. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa Sekolah Miftahul Jannah yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, pengujian, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapat hasil analisis uji hipotesis yang didapati di kelas eksperimen dan kelas control dengan hasil yang didapatkan kelas control 0.004 < 0.05 Nilai yang didapatkan kurang signifikan, sedangkan kelas eksperimen 0,621>0,05 nilainya sangat signifisikan. dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning berbantuan media spinning wheel. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Penggunaan model cooperative learning tipe TGT dengan berbantuan Media Spinning Wheel membuat siswa akan lebih semangat dalam belajar dan akan memunculkan wawasan baru didalam pembelajaran dan juga proses pembelajaran yang menyenangkan akan membuat siswa lebih aktif dan akan membuat daya tarik siswa lebih berkembang pesat.
Copyrights © 2025