Ihtirom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 1 (2025): Ihtirom Edisi April 2025

EFEKTIVITAS PEMBIASAAN INFAQ DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA

Khofi, Mohammad Bilutfikal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembiasaan infaq dalam menumbuhkan kepedulian sosial di kalangan siswa Madrasah Aliyah ATQIA Bondowoso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa, guru, dan pengurus OSIM yang terlibat dalam program infaq rutin setiap Jumat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program infaq ini efektif dalam membentuk sikap empati, karakter religius, dan rasa tanggung jawab sosial siswa. Siswa menjadi lebih peduli terhadap kebutuhan orang lain dan terlibat aktif dalam kegiatan sosial baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pengelolaan dana infaq yang transparan oleh OSIM juga memberikan pembelajaran tentang tanggung jawab kepada siswa. Meskipun demikian, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti keterbatasan uang saku dan kurangnya partisipasi akibat pengaruh lingkungan teman. Kesimpulannya, pembiasaan infaq di Madrasah Aliyah ATQIA berhasil menumbuhkan kepedulian sosial pada siswa, dengan dukungan kuat dari guru dan lingkungan sekolah yang religius matematis.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihtirom

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam memfokuskan pada kajian teoritis dan empiris dalam bidang manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan temuan penelitian terkait ...