Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal
Vol. 2 No. 1 (2025)

Optimalisasi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar

Achmad Baharudin, Achmad (Unknown)
Andini, Khoerul (Unknown)
Mumpuni, Atikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Kurikulum memegang peran strategis dalam dunia pendidikan. Kurikulum merupakan jantungnya kegiatan pendidikan. Kurikulum menjadi salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Namun kurikulum bukanlah benda mati yang tidak bisa disentuh ide perubahan. Perubahan kurikulum tidak dapat dilepaskan dari sifatnya yang memang harus selalu dinamis dan tuntutan perkembangan zaman. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sengon 05, Brebes, Jawa Tengah, untuk mengevaluasi penerapan Kurikulum Merdeka yang bertujuan memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka berdampak positif terhadap keterlibatan peserta didik dan pengembangan karakter. Para guru menyatakan pemahaman yang baik terkait Kurikulum Merdeka, peserta didik belajar sesuai minat dan bakat mereka. Meskipun terdapat tantangan seperti waktu dan sarana prasarana, kesiapan guru dan dukungan dari kepala sekolah berkontribusi pada keberhasilan implementasi. Penelitian ini menegaskan bahwa Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada pencapaian akademis tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial dan karakter peserta didik. Evaluasi keberhasilan dilakukan melalui analisis hasil raport pendidikan dan indikator lainnya, menunjukkan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Secara keseluruhan, SDN Sengon 05 berhasil menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Primera Educatia Mandalika: Elementary Education Journal is a scientific journal that publishes various manuscripts discussing scientific development, education and learning in elementary schools and early childhood education which is managed by the Magister Pendidikan Dasar Study Program, FKIP, ...