JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Vol 11, No 1 (2025): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

Khoirunisa, Jihan Afifah (Unknown)
Nizaruddin, Nizaruddin (Unknown)
Prasetyowati, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Salah satu kemampuan yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran Multi Representasi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini termasuk penelitian kuantiatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 26 Semarang yang dipilih dengan cara cluster random sampling. Subyek yang dilipih dalam penelitian ini dua kelas yaitu kelas VIII E dan kelas VIII F. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independen, uji t satu pihak dan uji ngain. Hasil penelitian ini diperoleh : (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa dalam menyelesaikan masalah yang menggunakan pembelajaran Multi Representasi dan pembelajaran secara konvensional, (2) kemampuan komunikasi siswa dalam menyelesaikan masalah yang menggunakan pembelajaran Multi Representasi lebih baik dari pembelajaran secara konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP3

Publisher

Subject

Education

Description

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali ...