Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peningkatan keterampilan berbicara untuk mengemukakan pendapat melalui metode diskusi pada peserta didik kelas 4 mata pelajaran IPAS SDN Wonotingal Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SDN Wonotingal yang berjumlah 26 peserta didik, 12 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara untuk mengemukakan pendapat peserta didik kelas 4 mata pelajaran IPAS SDN Wonotingal Semarang. Persentase ketuntasan peserta didik meningkat dari pra siklus yang awalnya 70% kemudian siklus I meningkat menjadi 76%, dilanjutnya tindakan siklus II mengalami peningkatan sebesar 88%. Peningkatan tersebut terlihat peserta didik lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik lebih berani berbicara atau lebih berani menyampaikan pendapat, rasa percaya diri peserta didik meningkat, dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok peserta didik lebih lancar dan tidak malu-malu seperti sebelumnya.
Copyrights © 2024