Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji literatur terkait tahap kedua dalam pendekatan Understanding by Design (UbD), yaitu menentukan bukti penilaian. Data dikumpulkan menggunakan kajian literatur dengan bersumber pada artikel penelitian yang membahas tahap 2 dalam UbD. Proses kajian literatur dilakukan melalui empat tahapan: pemilihan topik, pemilihan artikel yang relevan, analisis isi artikel, serta pengorganisasian penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Menentukan bukti penilaian guru dapat mendesain pertanyaan dalam memilih asesmen autentik yang akan digunakan. 2) Bukti penilaian seperti proyek, portofolio, dan unjuk kerja lebih efektif dibandingkan tes tertulis tradisional dalam mengukur pemahaman siswa. UbD tahap 2 membantu guru dalam menyusun penilaian yang lebih komprehensif, sehingga memungkinkan pengukuran pemahaman siswa yang lebih mendalam. Implementasi yang efektif dari UbD bergantung pada kompetensi guru dalam merancang asesmen yang valid serta dukungan dari institusi pendidikan. Dengan demikian, UbD tahap 2 memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memastikan bahwa penilaian yang dilakukan benar-benar mencerminkan pemahaman siswa.
Copyrights © 2024