JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Vol 10, No 2 (2024): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)

BUKTI PENILAIAN DALAM PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD)

Islami, Anisatul (Unknown)
Pardede, Debora Lusiana (Unknown)
Sari, Elfrida Maria (Unknown)
Aziziah, Varra Amilia (Unknown)
Mulyatna, Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji literatur terkait tahap kedua dalam pendekatan Understanding by Design (UbD), yaitu menentukan bukti penilaian. Data dikumpulkan menggunakan kajian literatur dengan bersumber pada artikel penelitian yang membahas tahap 2 dalam UbD. Proses kajian literatur dilakukan melalui empat tahapan: pemilihan topik, pemilihan artikel yang relevan, analisis isi artikel, serta pengorganisasian penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Menentukan bukti penilaian guru dapat mendesain pertanyaan dalam memilih asesmen autentik yang akan digunakan. 2) Bukti penilaian seperti proyek, portofolio, dan unjuk kerja lebih efektif dibandingkan tes tertulis tradisional dalam mengukur pemahaman siswa. UbD tahap 2 membantu guru dalam menyusun penilaian yang lebih komprehensif, sehingga memungkinkan pengukuran pemahaman siswa yang lebih mendalam. Implementasi yang efektif dari UbD bergantung pada kompetensi guru dalam merancang asesmen yang valid serta dukungan dari institusi pendidikan. Dengan demikian, UbD tahap 2 memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memastikan bahwa penilaian yang dilakukan benar-benar mencerminkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP3

Publisher

Subject

Education

Description

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali ...