JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)
Vol 11, No 1 (2025): JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik)

KONSTRUKTIVISME KOGNITIF DALAM P5 BAGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 SURAKARTA

Aranssy, Alyssa Putri (Unknown)
Budiati, Atik Catur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) menerapkan pembelajaran berbasis proyek guna membentuk karakter peserta didik yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila. P5 bertujuan untuk membentuk generasi bangsa yang tidak hanya berprestasi secara akademik tetapi juga memiliki karakter yang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif peserta didik dan peran aktif mereka selama mengikuti P5 menggunakan teori konstruktivisme kognitif milik Jean Piaget. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan data primer, seperti wawancara dan observasi serta data sekunder berupa analisis dokumen. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Proses keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Proses analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana melalui tahap kondensasi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dalam melaksanakan P5 di SMA Negeri 4 Surakarta sejalan dengan tahapan perkembangan kognitif individu yaitu skemata, asimilasi, akomodasi, dan equilibrium. Selama proses berjalannya tahapan tersebut ditemukan sebuah hambatan baik dari segi kognitif dan sosial lalu peserta didik pun memiliki strategi untuk mengatasi hambatan yang muncul serta mampu mencapai titik keseimbangan kognitif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP3

Publisher

Subject

Education

Description

JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik) memuat hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik. Penelitian, pengkajian, dan pengembangan pendidikan dan profesi pendidik dapat dilakukan dalam lingkup pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Terbit dua kali ...