Kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran. Namun pada faktanya, kemampuan berpikir tingkat tinggi di kalangan siswa masih rendah sehingga mencerminkan rendahnya kualitas pembelajaran yang dijalankan oleh satuan pendidikan. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan mencapai tujuan pendidikan dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 25 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Samarinda, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, di mana kelas VIII A dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig 0,10 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 25 Samarinda.
Copyrights © 2025