Pelabuhan Penyeberangan Ketapang yang terletak di Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali. Seiring dengan meningkatnya volume penumpang dan barang, pelabuhan ini memiliki tantangan besar dalam pengelolaan operasional dan peningkatan kualitas pelayanan, terutama dalam penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem digital berbasis website yang bernama “Ferry Check” guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemeriksaan SPM yang menggantikan proses manual dengan platform digital. Jenis penelitian berupa kuantiatif dengan analisis yang digunakan ialah Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian, indikator pada kuadran I perlu ditingkatkan yaitu kecepatan proses pemeriksaan, kualitas laporan serta keamanan dan keandalan sistem. Saran dari penelitian ini adalah perlunya uji coba dan evaluasi pengembangan, pelatihan dan sosialisasi kepada pengguna serta peningkatan infrastruktur teknologi informasi di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang.
Copyrights © 2025