Xenomania bahasa digambarkan dengan adanya penggunaan bahasa asing secara berlebihan. Xenomania memiliki berbagai bentuk. Penelitian ini membahas tentang bentuk xenomania bahasa yang terdapat dalam brosur iklan yang beredar di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk xenomania yang terdapat dalam brosur iklan mobil yang tersebar di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mana data xenomania bahasa berasal dari brosur iklan mobil akan dikumpulkan oleh peneliti. Subjek penelitian ini adalah brosur iklan mobil. Data yang dikumpulkan adalah beberapa data penggunaan kata asing yang ditemukan, sedangkan sumber datanya adalah brosur iklan mobil yang diambil dari internet. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik simak dan catat.. Kemudian, brosur disimak, dibaca, dan dicatat apa saja kata-kata asing yang ada di dalam brosur. Terdapat 12 brosur yang dianalisis. Keabsahan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data bahasa asing, penyajian data berupa kalimat atau kata asing yang terdapat dalam brosur, dan penarikan kesimpulan makna penggunaaan bahasa asing itu digunakan. Hasil penelitian ini adalah analisis bentuk-bentuk xenomania yang terdapat dalam brosur iklan mobil. Terdapat xenomania bahasa dalam setiap brosur. Selain itu, terdapat kalimat persuasif dalam bahasa Inggris yang bersifat mengajak dan mempengaruhi pembaca. Terdapat beberapa xenomania bahasa yang ditemukan pada brosur mobil yang tersebar di Indonesia, di antaranya start from DP 23jt-an Toyota, greater change for a new beginning, scan QR code, dan lainnya. Xenomania language is explained by the excessive use of foreign languages. Xenomania has various forms. This study will discuss the forms of language xenomania contained in advertising brochures circulating in Indonesia. The purpose of this study is to describe the forms of xenomania contained in car advertising brochures spread in Indonesia. The research method used is a qualitative research method in which data on language xenomania from car advertising brochures will be collected by researchers. The subject of this study is car advertising brochures. The data collected are some data on the use of foreign words found, while the data sources are car advertising brochures taken from the internet. The data collection technique in this study is observation, in which researchers will observe brochures by filtering brochures circulating in Indonesia but containing foreign languages. Then, the brochures are listened to, read, and note down any foreign words in the brochures. There are 12 brochures explained. The results of this study are an analysis of the forms of xenomania contained in car advertising brochures. There is language xenomania in each brochure. In addition, there are persuasive sentences in English that are inviting and influencing readers. Toyota has succeeded in becoming a favorite car by achieving the best-selling car sales in Indonesia because of the advertisements that influence it.
Copyrights © 2025