Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi aktif anggota Koperasi Mahasiswa di Kota Banjarmasin. Masalah difokuskan rendahnya tingkat partisipasi aktif anggota Koperasi Mahasiswa, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kontribusi anggota melalui pendidikan perkoperasian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 219 anggota Koperasi Mahasiswa di Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuisioner kepada anggota Koperasi Mahasiswa serta dengan mengambil referensi dari jurnal, buku dan sumber relevan lainnya. Analisis instrumen dalam penelitian ini menggunakan Rasch Model. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi aktif anggota Koperasi Mahasiswa di Kota Banjarmasin sebesar 19%. Berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan perkoperasian (X) berpengaruh terhadap partisipasi aktif anggota (Y) Koperasi Mahasiswa di Kota Banjarmasin.
Copyrights © 2025