Latar Belakang: Kualitas tenaga pendidik (guru) yang rendah menyebabkan kinerja guru di sekolah juga menjadi rendah, sehingga diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi fenomena ini serta upaya memperoleh sumber daya yang profesional demi kemajuan pendidikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh kontribusi komitmen organisasi dan inovasi pembelajaran terhadap kinerja guru di SMA. Metodologi: Peneliti menggunakan kuesioner untuk memperoleh data primer, sehingga data diperoleh langsung dari subjek penelitian. Sebelum instrumen digunakan untuk pengujian, perlu dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat komitmen organisasi dan inovasi pembelajaran memiliki dampak positif langsung terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Kesimpulan: Diperlukan koordinasi dan tata kelola yang signifikan untuk memperkuat tingkat disiplin, kesadaran, mind set dan inovasi pembelajaran guru. Dengan demikian, guru diharapkan mampu melakukan berbagai inovasi pengajaran dan aktivitas sekolah lainnya.
Copyrights © 2025