Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Vol. 23 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

Hubungan Pengalaman Mengajar Dan Motivasi Menjadi Guru Dengan Pengambilan Keputusan Karir Menjadi Guru: The Relationship Of Teaching Experience And Motivation To Teach With Career Decision-Making In Becoming A Teacher

Sholekhah, Nur Amin (Unknown)
Muchsini, Binti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengalaman mengajar dan motivasi menjadi guru dengan pengambilan keputusan karir menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Terdapat 2 (dua) variabel independen, yaitu Pengalaman Mengajar (X1) dan Motivasi menjadi Guru (X2), serta 1 (satu) variabel dependen, yaitu Pengambilan Keputusan Karir (Y) menjadi guru akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) hubungan positif dan signifikan antara pengalaman mengajar dengan pengambilan keputusan karir menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (sig) 0,000 (p<0,05) dengan nilai Pearson Correlation 0,682, (2) hubungan positif dan signifikan antara motivasi menjadi guru dengan pengambilan keputusan karir menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (sig) 0,002 (p<0,05) dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,302, serta (3) hubungan positif dan signifikan antara pengalaman mengajar dan motivasi menjadi guru dengan pengambilan keputusan karir menjadi guru secara simultan atau bersama-sama dengan perolehan nilai R sebesar 0,696 dengan nilai signifikansi F change 0,000 (p<0,05) dengan nilai sumbangan efektif Pengalaman Mengajar sebesar 44,1% dan Motivasi menjadi Guru sebesar 4,3% terhadap Pengambilan Keputusan Karir menjadi guru.

Copyrights © 2025