eProceedings of Management
Vol. 12 No. 2 (2025): April 2025

Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Melalui Customer Trust Terhadap Purchase Intention Produk Air Bambu Habiburrohman

Habiburrohman, Fauzi (Unknown)
Utami, Fitriani Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan guna mengetahui dan menganalisis pengaruh social media marketing di Instagram terhadappurchase intention konsumen di air bambu habiburrohman melalui customer trust sebagai variabel mediasi.Penelitian ini mempergunakan metode kuantitatif dari jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilaksanakandari metode non-probabilty sampling jenis incidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 320 orangesponden yang mempunyai instagram dan merupakan pengikut instagram Air Bambu Habiburrahman berusia 30-50Tahun. Pada penelitian ini mempergunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis Partial Least Square(PLS) untuk teknik analisis data dengan menggunakan software SmartPLS versi 4.0. Berdasarkanhasil pengujianMenunjukkan bahwa nilai t-statistic memiliki angka > 1,96 dan nilai P Values seluruh hipotesis < 0,05 sehinggamenyatakan bahwa social media marketingberpengaruh terhadap purchaseintention dan terdapat efek mediasi darivariabel customer trust terhadap hubungan antara social media marketing dan purchase intention. Mampu terlihatbahwa nilai R square dari hasil pengolahan SmartPLS sebesar 0.263 yang memiliki arti bahwa socialmediamarketing memiliki pengaruh sebesar 26,3% terhadap purchase intention, dan dipengaruhi sebesar 73,7% olehvariabel lain diluar penelitian. Pada variabel Customer trust dapat memediasi hubungan antara social mediamarketing terhadap purchase intention sebesar 11,6% dan dipengaruhisebesar 88,4% oleh variabel lain diluarpenelitian. Kata Kunci-social media marketing, customer trust, purchase intention, Instagram

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...