eProceedings of Management
Vol. 12 No. 3 (2025): Juni 2025

Pengaruh E- Service Quality Dan Customers Satisfaction Terhadap Customers Loyalty Pengguna M-Banking (Mybca)

Saffanah, Azka (Unknown)
Trianasari, Nurvita (Unknown)
Kharisma, Mita (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh Kualitas Layanan E-Service dan Kepuasan Pelangganterhadap Loyalitas Pelanggan dalam layanan perbankan seluler. Teknologi seluler saat ini semakin berperan pentingdalam kehidupan sehari-hari, dengan perbankan seluler (M-Banking) yang tumbuh pesat seiring meningkatnya jumlahpengguna perangkat seluler. Bank-bank komersial berlomba untuk mengembangkan aplikasi perbankan seluler yanglebih mudah digunakan dan aman bagi pelanggan. Penelitian ini melibatkan 302 pengguna aplikasi MyBCA diIndonesia pada tahun 2024, dan menggunakan metode SEM untuk menganalisis dampak Kualitas Layanan E-Servicedan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan EService memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, baik secara langsung maupun melaluiKepuasan Pelanggan. Selain itu, dimensi Responsiveness dari Kualitas Layanan E-Service memiliki pengaruh palingbesar, sementara dimensi Interface Design cenderung kurang berpengaruh. Penelitian ini memberikan wawasankepada peneliti, praktisi, dan manajer tentang pentingnya Kualitas Layanan E-Service dan Kepuasan Pelanggandalam membangun Loyalitas Pelanggan. Kata kunci-kualitas layanan elektronik, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...