eProceedings of Management
Vol. 12 No. 3 (2025): Juni 2025

Implementasi Strategi Branding Melalui Pengembangan Konten Edukatif Dalam Program Worth To Know di Detikcom

Welyani, Weny (Unknown)
Melano, Fiqie Lavani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Program Worth to Know yang diinisiasi oleh Detikcom bertujuan meningkatkan literasi publik melalui konten edukatifyang menarik dan berbasis fakta. Dalam persaingan media online yang semakin ketat, banyak audiens masih mengenalDetikcom hanya sebagai penyedia berita, padahal platform ini telah mengembangkan konten edukatif untukmemperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan pengguna. Oleh karena itu, diperlukan strategi branding yangtepat agar Detikcom membangun citra sebagai media yang tidak hanya cepat dalam menyampaikan berita tetapi jugamemiliki nilai edukatif yang kuat. Tantangan utama program ini adalah mengimplementasikan strategi branding secaraefektif melalui pengembangan konten edukatif guna memperkuat identitas dan kredibilitas Detikcom. Tugas akhir inibertujuan merancang strategi branding dengan menekankan konsep kreatif serta efektivitas konten dalam menarikperhatian audiens. Metode yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan analisis konten. Penulisan inimenggunakan teori Brand Expression dari Sicco Van Gelder untuk menganalisis elemen branding seperti brandpositioning, brand identity, dan brand personality. Hasilnya menunjukkan bahwa storytelling, visual menarik, dan datafaktual efektif meningkatkan engagement, memperkuat brand awareness, serta membentuk persepsi positif terhadapDetikcom. Konsistensi pesan, kesesuaian tema dengan preferensi audiens, serta format interaktif berkontribusi dalammeningkatkan kredibilitas dan retensi audiens. Kata Kunci: Strategi Branding, Konten Edukatif, Detikcom, Brand Expression, Media Online

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...