Kemampuan numerasi merupakan keterampilan mendasar yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil asesmen menunjukkan bahwa siswa di Indonesia masih kurang dalam numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media interaktif dalam pembelajaran numerasi guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Program ini dilaksanakan melalui Program Kampus Mengajar di SD Andreas dengan berbagai pendekatan, seperti pembelajaran kontekstual, permainan edukatif, pendampingan individual, dan kolaborasi dengan guru. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan numerasi siswa, dengan persentase siswa berkategori tinggi meningkat dari 40% menjadi 55% dan kategori rendah menurun dari 40% menjadi 20%. Pendekatan interaktif mendapat respons positif, didukung oleh antusiasme siswa dan guru serta penggunaan media kreatif, meskipun terdapat kendala fasilitas dan perbedaan kemampuan siswa. Media interaktif terbukti efektif meningkatkan keterampilan numerasi siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025