Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan skenario dan implementasi, serta kesulitan yang dihadapi siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan panas secara konduksi menggunakan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN 2 Ngamprah sebanyak 28 siswa yaitu 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa serta soal tes pemahaman IPA. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan informasi, penyajian informasi dan penarikkan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berlangsung dengan baik selama 5 pertemuan dengan menerapkan pendekatan saintifik berbantuan video pembelajaran. Kesulitan yang terlihat adalah siswa kurang paham terhadap materi yang dipelajari dan kurangnya ketelitian siswa pada saat memahami maksud soal, sehingga siswa hanya mampu menyebutkan salah satu ilustrasi peristiwa perpindahan panas secara konduksi dan siswa hanya mampu untuk menuliskan contoh benda yang memanfaatkan sifat kondutor dan isolator tanpa menjelaskannya.
Copyrights © 2025