JGuruku: Jurnal Penelitian Guru
Vol 2 No 2 (2024): JGuruku: Jurnal Penelitian Guru

KAJIAN LITERATUR REVIEW PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Lindawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

ABSTRAKDalam era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, media pembelajaran interaktif menjadi relevan dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia di kalangan siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menyajikan kajian literatur terkait pengembangan media pembelajaran interaktif dengan fokus pada kosakota. Dengan merinci konsep dasar pembelajaran interaktif, peran kosakota dalam keterampilan berbahasa, dan strategi pengembangan, penelitian ini membahas teori-teori pendidikan dan linguistik sebagai dasar teoritis untuk pengembangan media pembelajaran interaktif. Melalui identifikasi sumber literatur, analisis kritis, dan sintesis temuan, penelitian ini memberikan landasan teoritis yang kokoh untuk pengembangan media pembelajaran interaktif di tingkat SMP. Kata kunci: media pembelajaran interaktif; kosakata bahasa Indonesia; siswa kelas VIII SMP; kajian literatur; pengembangan media pembelajaran LITERATURE REVIEW REVIEW OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA DEVELOPMENT TO IMPROVE MASTERY OF INDONESIAN VOCABULARY FOR GRADE VIII JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS ABSTRACT In the era of information and communication technology advancement, interactive learning media remains relevant in improving the vocabulary mastery of 8th-grade students in junior high schools. This research presents a literature review on the development of interactive learning media, focusing on vocabulary. By detailing the fundamental concepts of interactive learning, the role of vocabulary in language proficiency, and development strategies, this study explores educational and linguistic theories as a theoretical foundation for the development of interactive learning media. Through the identification of literature sources, critical analysis, and synthesis of findings, this research provides a robust theoretical framework for the development of interactive learning media at the junior high school level. Keywords: interactive learning media; Indonesian language vocabulary; 8th-grade junior high school students; literature review; learning media development

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JGuruku

Publisher

Subject

Education Other

Description

JGuruku: Jurnal Penelitian Guru merupakan media publikasi dengan lingkup pendidikan yang terbuka bagi semua guru dan semua cabang ilmu. Penulis harus memiliki intansi di sekolah baik SD, SMP, dan SMA sebagai penulis, penulis lain dari luar intansi tersebut merupakan target lain dengan fokus tulisan ...